Berkeliling Mencicipi Snack Tradisional di Jakarta

Masih terasa lapar setelah makan siang? Atau kamu memang hobi berwisata kuliner? Mencicipi snack-snack tradisional di sekeliling Jakarta bisa menjadi pilihan untuk sekedar mengganjal perut atau memenuhi hobi kamu berwisata kuliner tersebut. Berikut adalah daftar snack tradisional di Jakarta yang wajib kamu coba.

Serabi-Notosuman-BSD-City
Serabi Notosuman – BSD City

Kerak Telor

Siapa yang tidak tahu kerak telor, terutama ketika berkunjung ke Jakarta? Kerak telor merupakan salah satu makanan kecil khas Betawi yang banyak di jual di Jakarta. Kerak telor merupakan paduan antara beras ketan putih, telur ayam, dan ebi yang disangrai kering. Sebagai penambah rasa, ada campuran bumbu yang terdiri dari kelapa sangrai, cabai merah, merica, kencur, jahe, garam, dan gula pasir yang dihaluskan, serta bawang goreng renyah di atasnya.

Serabi

Ada bisa menjumpai serabi di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya serabi Notosuman Jakarta. Jajanan pasar tradisional ini umumnya terdiri dari 2 rasa utama yaitu manis dan asin. Rasa manis diperoleh dari kinca atau gula merah cair, sedangkan asin berasal dari santan kelapa asli dicampur bumbu seperti garam atau oncom. Semakin berkembangnya inovasi kuliner, topping serabi kini semakin beraneka ragam seperti coklat, keju, sosis, dan masih banyak lainnya.

Martabak

Terdapat 2 jenis martabak yang akan kalian jumpai. Pertama adalah martabak asin atau telur yang dibuat dari campuran adonan tepung, telur dan daging. Kedua, martabak manis atau sering juga disebut dengan terang bulan yang umumnya diisi dengan coklat dan kacang, Akan tetapi, sekarang kamu juga bisa mencicipi martabak manis dengan warna-warna adonan yang cerah serta varian topping unik seperti Nutella, green tea, keju mozzarella, dan masih banyak pilihan lainnya.

Roti Maryam

Roti canai sering juga disebut dengan roti Maryam atau roti konde. Makanan ini berasal dari India, namun sudah tersebar luas di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Di Indonesia sendiri mungkin kalian akan mudah menemuinya di warung makanan Aceh. Bahan untuk membuat roti Maryam sangat mudah, yaitu cukup dengan adonan tepung, telur, margarin, air, dan sedikit tambahan garam.

Dodol

Banyak sekali daerah di Indonesia yang menjual dodol sebagai makanan khasnya, salah satunya dodol Betawi.Dodol ini dibuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, santan kelapa, gula merah dan durian sebagai perasa khas cemilan dari Betawi ini.Selain dodol Betawi, kamu juga bisa mencicipi dodol khas dari daerah lainnya seperti dodol Garut dan dodol Kandangan.Perlu kamu tahu, proses pembuatan dodol terbilang cukup susah karena membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dengan terus menerus diaduk hingga adonan menjadi kental padat.

Jadi, mana makanan favorit kamu? Pilihan-pilihan makanan tradisional di atas bisa menjadi cemilan enak sebelum atau setelah makan besar.Tanpa merogoh kocek yang terlalu dalam, kamu bisa makan enak dan puas. Selamat makan!